Sejarah

tentang

 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Perkuliahan dan Laboratorium Ilmu-ilmu Dasar dan Umum (disingkat UPT PP LIDA) USU didirikan pada tahun 1980 dengan fungsi sebagai unit pelaksanan dan koordinasi kegiatan perkuliahan dan praktikum mata-mata kuliah dasar dan umum. Setiap tahunnya UPT PP LIDA USU mengkoordinir pelaksanaan 10 mata kuliah dasar dan umum yang melibatkan lebih dari 98 staf pengajar dan sebanyak 460 kelas dengan total mahasiswa lebih dari 7500 orang pada 13 fakultas di lingkungan USU. Mata-mata kuliah dasar yang dimaksud adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Alamiah Dasar. Sementara mata-mata kuliah umum meliputi Agama, Pendidikan Kewarganegaraan-PPKN/Pancasila, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar yang diajarkan hampir pada seluruh program studi di USU.

Sementara itu, laboratorium ilmu dasar (LIDA-meliputi Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Kimia Dasar dan Laboratorium Biologi Dasar) melayani lebih kurang 2700 mahasiswa dari fakultas FMIPA, Teknik, Pertanian, Kehutanan dan Kedokteran Gigi. Pada awal pendirianya, LIDA USU melayani kegiatan praktikum bagi seluruh mahasiswa Semester I dan Semester II di lingkungan USU. Namun, mengingat perkembangan kebutuhan akan alat-alat praktikum yang mutahir maka beberapa fakultas seperti Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokeran Gigi USU menarik diri dari layanan LIDA USU dan melaksanakan praktikum ilmu-ilmu dasar di fakultasnya masing-masing.

Dikarenakan adanya tuntutan untuk memperluas cakupan tugas penelitian, maka pada tahun 2013 Unit ini mengembangkan satu Laboratorium Terpadu. Setelah dirasakan adanya perkembangan yang signifikan dari UPT PP LIDA USU dan sejalan dengan kebijakan agar setiap mahasiswa pascasarjana yang akan meneliti dan menggunakan peralatan laboratorium selama ini keluar universitas dengan adanya pengembangan Laboratorium Terpadu dapat meminimalkan dan mengefisiensikan biaya dan waktu pelaksanaan penelitian.