Workshop Sosialisasi Peraturan jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

Print

 

Laboratorium Ilmu Dasar dan Umum (LIDA USU) bekerjasama dengan Biro SDM USU menggelar workshop Sosialisasi Peraturan Baru Bagi Tenaga  Pranata  Laboratorium Pendidikan (PLP)  Universitas Sumatera Utara tanggal 3 September 2018, bertempat di Ruang Senat Akademik Biro Rektor USU. Kegiatan ini di ikuti oleh 160 peserta Tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas Sumatera Utara yaitu Kepala Laboratorium, Tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan Universitas  Sumatera Utara . Workshop dibuka oleh Kepala Bagian Pengembangan Kesejahteraan Biro SDM, M.Zulham,SE, M.Si mewakili Kepala Biro SDM USU.

Dalam sambutannya, M.Zulham,SE, M.Si, menyampaikan bahwa Peran Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dalam pencapaian dan mempertahankan capaiaan nilai akreditasi dari BAN PT harus bisa menjadi mitra riset dan penjamin mutu hasil pengujian yang dilakukan di laboratorium. Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) sebagai sumber daya manusia yang ada di laboratorium tidak hanya dituntut memiliki kompetensi teknis akan tetapi juga kompetensi manajerial dan kompetensi sosio cultural. Dengan demikian peran laboratorium dalam mendukung karier Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan juga dalam pencapaian dan mempertahankan nilai akreditasi menjadi sangat penting.

plp

Pada sesi pertama pelaksanaan workshop, materi disampaikan oleh Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc selaku Kepala UPT.PP.LIDA USU dengan topik Peran Tenaga PLP dalam Merevitalisasi Fungsi Laboratorium. Disebutkan bahwa Kegiatan Sosialisasi Peraturan Baru Bagi Tenaga  Pranata  Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas Sumatera Utara merupakan hal yang sangat penting karena Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) USU yang berstatus PNS maupun Laboran Non PNS dapat memahami  Tugas pokok dan Fungsi (TUPOKSI), sehingga lebih dapat menjalankan fungsi dan karir ke jenjang yang lebih baik. selanjutnya Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) USU dapat membantu kepala laboratorium dalam merevitalisasi laboratorium sehingga dapat meningkatkan pelayanan baik secara kuantitas maupun kualitas.

Pemateri kedua disampaikan oleh Erwin,ST.MT, dengan topik Manajemen Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), Menyatakan bahwa Sosialisasi Peraturan Baru Bagi Tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas Sumatera Utara bertujuan untuk Meningkatkan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan  Universitas Sumatera Utara dan Meningkatkan motivasi tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas  Sumatera Utara dalam mencapai jenjang karier.

plp 2

Pada dasarnya kegiatan Sosialisasi Peraturan Baru Bagi Tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas Sumatera Utara adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para peserta (Kepala Laboratorium, dan PLP) untuk mengelola laboratorium menjadi laboratorium pendidikan yang dapat melayani praktikum mahasiswa atau laboratorium penelitian yang dapat melayani penelitian mahasiswa dan dosen secara professional.

Pada sesi penutupan Drs. Nursal, M.Si selaku ketua Panitia Workshop menyatakan bahwa, Untuk melaksanakan Manfaat hasil Sosialisasi Peraturan Baru Bagi Tenaga  Pranata  Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas Sumatera Utara,  mengajukan  rencana usulan kegiatan yang dapat dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2019 yaitu: Seminar Kebijakan Universitas bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dalam meningkatkan karir dan kualitas pelayanan laboratorium pendidikan dan laboratorium penelitian Universitas Sumatera Utara, dan Pelatihan operasioanal beberapa peralatan yang mendukung penelitian Dosen bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) di Laboratorium Terpadu UPT PP LIDA USU.