UPT.PP. LIDA USU Mengadakan Kegiatan Matrikulasi Afirmasi T.A 2017

 

 

Medan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Perkuliahan Ilmu Dasar dan Umum (LIDA) Dan Laboratorium Terpadu melaksanakan kegiatan Matrikulasi Mahasiswa Afirmasi Tahun Ajaran 2017. Kegiatan ini diselenggaran mulai tanggal 02-15 Agustus 2017 pukul 08 s/d 16.00 WIB di Gedung UPT LIDA USU dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang. Pembukaan kegiatan Matrikulasi Mahasiswa Afirmasi langsung di buka oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Prof.Dr.Runtung,SH., M.Hum.

Pelaksanaan penerimaaan mahasiswa baru Menurut Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tentang penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana di Perguruan Tinggi Negeri terdapat sejumlah pola penerimaan mahasiswa baru yaitu:

  1. Mahasiswa baru yang diterima melalui jalur undangan SNAMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  2. Mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  3. Mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Mandiri juga dilakukan melalui ujian tertulis dengan materi sama dengan seleksi jalur SBMPTN.

Dari Tiga (3) pola penerimaan mahasiswa baru (SNAMPTN, SBMPTN, Mandiri) Universitas Sumatera utara juga menerima mahasiswa baru melalui jalur Afirmasi. Jalur afirmasi adalah suatu usaha dari pemerintah dalam pemerataan bagi (lulusan SMU/SMK) untuk dapat menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Kesempatan dan peluang ini diperuntukkan  bagi putra putri (lulusan SMU/SMK) terbaik dari daerah yang proses pelaksanaan pendidikannya   dirasa masih kurang baik, sehingga putra putri daerah tersebut kurang dapat bersaing untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri bila mengikuti jalur seleksi SNAMPTN, SBMPTN dan Mandiri., terlebih lagi seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur afirmasi ini tidak melalui ujian tertulis sehingga wawasan dan kemampuan akademiknya tidak dapat diukur.

 

Mat 1

 

Untuk itu salah satu usaha pimpinan Universitas Sumatera utara dalam mengisi ketertinggalan kemampuan dasar mahasiswa afirmasi adalah dengan melaksanakan matrikulasi, dengan harapan mahasiswa baru jalur afirmasi mempunyai kemampuan dasar yang setara dengan mahasiswa baru lainnya dalam menjalani perkuliahan di Universitas Sumatera Utara dan meningkatkan kemampuan adaptasi dalam menjalani pendidikan di perguruan tinggi

Sehubungan dengan materi yang akan disampaikan, maka  UPT PP LIDA ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan ini. Hal ini sesuai dengan tupoksi UPT PP LIDA USU sebagai salah satu unit di Universitas Sumatera Utara, bertanggung jawab pada pembentukan karakter mahasiswa melalui proses pelayanan pembelajaran ilmu ilmu dasar (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Alamiah Dasar) untuk mahasiswa kelompok eksakta, dan ilmu-ilmu umum (PPKN, Agama, Ilmu Sosial Budaya Dasar, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) untuk mahasiswa kelompok sosial.

Kegiatan Matrikulasi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Calon Mahasiswa jurusan bidang eksakta dan non eksakta.Untuk materi jurusan bidang eksakta terdiri dari: Matematika, Fisika, kimia dan Biologi, dan materi jurusan bidang Non Eksakta terdiri dari: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PPKN dan Ilmu Sosial Budaya dasar (ISBD), disamping itu kedua kelompok lulusan (IPA dan IPS) mendapatkan materi Teknologi Informasi.Strategi matrikulasi disampaikan dengan beberapa tahapan yaitu: a. Pengujian Kemampuan dasar tentang materi yang akan diberi dalam matrikulasi (Pra-Test), b. Penjelasan tentang materi-materi matrikulasi yang disampaikan oleh masing-masing nara sumber. c. Pengujian Kemampuan dasar tentang materi yang telah diberi dalam matrikulasi (Post-Test), d. Penilaian pelaksanaan, hasil dan manfaat pelatihan oleh peserta, dan evaluasi hasil kegiatan oleh panitia.

 

mat 2

 

Penutupan kegiatan  matrikulasi Afirmasi laksanakan oleh wakil Retor I USU Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS sebagai Penanggung Jawab Kegiatan dengan didampingi oleh Kepala UPT.PP LIDA USU Prof.Dr.TimbangenSembiring, M.Sc sebagai ketua pelaksana kegiatan. Prof. Timbangen dalam acara penutupan menyatakan bahwa pada dasarnya kegiatan Matrikulasi mahasiswa baru afirmasi Tahun Ajaran 2017 Universitas Sumatera Utara  adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para peserta, karena diharapkan para peserta matrikulasi memiliki kemampuan dasar yang setara dengan mahasiswa yang diterima dari jalur SNAMPTN, SBMPTN dan Mandiri sehingga mampu beradaptasi dalam mengikuti proses belajar mengajar pada Program Studi yang dipilihnya dan  dapat menyelesaikan pendidikan dengan IP yang baik dan tepat waktu.

Berdasarkan hasil pelaksanan kegiatan Matrikulasi mahasiswa baru afirmasi Tahun Ajaran  2017 Universitas Sumatera Utara, maka diperoleh kesimpulan bahwa Kegiatan Matrikulasi mahasiswa baru afirmasi Tahun Ajaran  2017 Universitas Sumatera Utara  merupakan hal yang sangat penting karena yaitu: Kegiatan Matrikulasi mahasiswa baru afirmasi Tahun Ajaran  2017 Universitas Sumatera Utara,menjadikan setiap peserta nantinya sebagai mahasiswa memiliki kemampuan dasar yang relative sama dengan mahasiswa lain yang diterima melalui jalur SNAMPTN, SBMPTN maupun jalur Mandiri dan menjadikan setiap peserta sebagai mahasiswa yang kritis dan memiliki motivasi, minat dan semangat belajar yang tinggi.