Lokakarya Penyusunan Dokumen Laboratorium Menuju KAN

 

MEDAN : Laboratorium Ilmu Dasar dan Umum (LIDA) dan Labortaorium Terpadu Universitas Sumatera Utara mengadakan Lokakarya penyusunan dokumen Laboratorium Terpadu UPT PP LIDA USU Menuju Akreditasi KAN yang diadakan pada hari rabu tanggal 30 Agustus 2017 di Ruang Senat Akademik Biro Rektor USU dengan jumlah undangan peserta sebanyak 214 orang, terdiri dari 8 Wakil Dekan 3 , 40 Ketua Program Studi dan 166 Kepala Laboratorium di USU.

Workshop Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I USU Prof. Dr. Ir. Rosmayani , M.S sebagai Wakil Penanggung Jawab kegiatan. Selaku Narasumber Akademia dari Universitas Gajah Mada Dr. Kuwat Priyatna, M.Sc untuk pemaparan “Sistem Informasi LPPT UGM Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) UGM” dan “Dokumen Sistem Manajemen Mutu Laboratorium Standard ISO/IEC 17025”. Penyampaian Materi selanjutnya oleh Kepala laboratorium Terpadu USU Dr. Tulus Ikhsan Nasution, M.Sc mengenai “Peran Laboratorium Pada Peningkatan Publikasi Ilmiah”. Materi penutup disampaikan Oleh Kepala LIDA USU Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc mengenai Optimalisasi Peran Laboratorium Terpadu Sebagai Dapur Publikasi Ilmiah dan Sumber Pemasukan Di USU.

1

Lokarya Penyusunan Dokumen Laboratorium Terpadu UPP LIDA USU Menuju Akreditasi KAN bertujuan sebagai Sarana Peningkatan Penelitian/Publikasi Ilmiah Dosen Universitas Sumatera Utara, bertujuan untuk Meningkatkan eksistensi keberadaan Laboratorium Terpadu UPP LIDA USU di lingkungan Universitas Sumatera Utara; Melengkapi Dokumen dan SOP pelayanan, pelaksanaan, evaluasi dan perawatan di laboratorium UPP LIDA USU menuju Akreditasi KAN, dan mefasilitasi peningkatan kuantitas maupun kualitas penelitian dosen mencapai publikasi pada jurnal terakreditasi nasional maupun jurnal bereputasi/akreditasi Internasional.

2 f

Berdasarkan hasil pelaksanan kegiatan lokakarya penyusunan dokumen Laboratorium Terpadu UPT PP LIDA USU Menuju Akreditasi KAN Sebagai Sarana Peningkatan Penelitian/Publikasi Ilmiah Dosen Universitas Sumatera Utara, maka diperoleh kesimpulan bahwa Kegiatan lokakarya penyusunan dokumen Laboratorium Terpadu UPT PP LIDA USU Menuju Akreditasi KAN Sebagai Sarana Peningkatan Penelitian/Publikasi Ilmiah Dosen Universitas Sumatera Utara merupakan hal yang sangat penting karena Kepala Laboratorium (sebagai peserta) mendapatkan cara merancang dokumen laboratorium sehingga diharapkan dapat membangkitkan motivasi setiap peserta untuk merancang dokumen laboratrium menuju KAN.


Menjadikan laboratorium Terpadu UPP PP LIDA USU (dengan beberapa peralatan yang dapat digunakan oleh peneliti dari berbagai Fakultas) sebagai rujukan untuk melakukan penelitian multidisiplin, sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitian dan menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal terindeks Scoopus.